PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SEKOLAH LANJUTAN DI KELAS IX SMP NEGERI 2 MAKASSAR

SHANDRA DEVI TRISNASARI (2022) PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SEKOLAH LANJUTAN DI KELAS IX SMP NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA.doc

Download (5MB)

Abstract

SHANDRA DEVI TRISNASARI. 2014. Penerapan Metode Pengajaran Unit dalam Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Sekolah lanjutan di Kelas IX SMP Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Dra. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini menelaah Penerapan Metode Pengajaran Unit dalam Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Sekolah lanjutan di Kelas IX SMP Negeri 2 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran mekanisme penerapan Metode Pengajaran Unit dalam Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Sekolah lanjutan di Kelas IX SMP Negeri 2 Makassar 2. Bagaimanakah gambaran pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Makassar 3. Apakah penerapan metode pengajaran unit dalam layanan bimbingan karir dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan di Kelas IX SMP Negeri 2 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui gambaran mekanisme penerapan metode pengajaran unit dalam layanan bimbingan karir pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Makassar 2. Untuk mengetahui gambaran pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Makassar 3. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan di kelas IX SMP Negeri 2 Makassar melalui penerapan metode pengajaran unit dalam layanan bimbingan karir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terhadap 36 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas IX 4 di SMP Negeri 2 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik deskriptif untuk uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pengajaran unit dalam layanan bimbingan karir dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan di kelas IX SMP Negeri 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:24
Last Modified: 23 Aug 2022 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24370

Actions (login required)

View Item View Item