ANALISIS FENOMENA PERILAKU SISWA KECANDUAN FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 3 PAREPARE

ELCE FINTARI (2022) ANALISIS FENOMENA PERILAKU SISWA KECANDUAN FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 3 PAREPARE.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
4 MOTTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
5 PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.docx

Download (12kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (12kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka dan Kerangka Pikir.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Elce Fintari, 2014. Analisis Fenomena Perilaku Siswa Kecanduan Facebook dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling di SMAN 3 Parepare, Di bimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Muh Ibrahim, M.Si selaku pembimbing II Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mempermasalahkan bagaimanakah gambaran fenomena perilaku siswa kecanduan facebook dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 3 Parepare. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk/pola perilaku siswa yang kecanduan dalam menggunakan facebook dan bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam menangani kasus siswa yang kecanduan facebook khususnya siswa SMAN 3 Parepare. Penelitian ini berfokus pada gejala-gejala yang nampak pada aspek pribadi,sosial,karir dan belajar siswa dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian ethnographic design. Unit analisis dalam penelitian ini adalah 9 orang informan yang terdiri dari 5 orang informan siswa dan 4 informan guru, pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan para informan melalui focus group discussion dan studi dokumentasi. Sedangkan penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu sampel yang dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa informan yang dipilih dianggap mampu memberikan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang kecanduan menggunakan sosial media facebook tanpa mengetahui lebih jauh tentang bahaya yang bisa ditimbulkan dalam menggunakan facebook secara berlebihan sehingga terkadang membawa dampak buruk dalam kehidupan sosial pribadi mereka, serta kurangnya upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing di sekolah ini terkait dengan fenomena yang terjadi di lapangan, ini disebabkan karena 2 dari 3 guru pembimbing belum pernah menangani kasus terkait dengan fenomena perilaku siswa kecanduan facebook dan juga pada sekolah ini masih sangat minim pemberian bantuan yang diberikan pada setiap siswa karena tidak semua siswa yang bermasalah ditangani oleh guru pembimbing.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:02
Last Modified: 23 Aug 2022 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item View Item