PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 POLONGBANGKENG UTARA

Rezkiana, Nur Mega and Torro, Supriadi (2019) PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 POLONGBANGKENG UTARA. Jurnal Sosialisasi, 6 (3). pp. 95-100. ISSN 2722-3086

[img] Text (Peer Reviewer)
PEERVIEWER PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 POLONGBANGKENG UTARA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Hasil Turnitin)
TURNITIN Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangk.pdf

Download (244kB)
[img] Text (Jurnal Ilmiah)
JURNAL Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara.pdf

Download (165kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/133...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran pelaksanaan sekolah ramah anak terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar. 2) faktor apa yang menghambat pelaksanaan sekolah ramah anak terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dipilih secara purposive sampling dengan informan berjumlah 12 orang dengan kriteria yaitu Guru SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar yang pernah mengikuti pelatihan atau pembinaan, guru yang berstatus PNS, guru yang mengajar lebih dari 10 tahun, Siswa SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar yang teladan dan berprestasi, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar, dan Komite SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara Takalar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan tahapan mereduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara ada tiga yaitu (a) tahap memperkuat karakter tanggung jawab dimana siswa diawali dengan kegiatan sosialisasi atau penyusunan kebijakan contohnya menerapkan ke guru dan siswa ikut serta tentang kebijakan sekolah ramah anak adalah harus bekerja sama dalam membimbing anak-anak kearah yang baik sehingga membentuk karakter bertanggung jawab yang baik pula dan mengetahui hak-hak anak, (b) memperkuat karakter disiplin dimana siswa melakukan kebiasaan yang membentuk karakter disiplin contohnya datang pagi tidak terlambat dan selalu mentaati peraturan sekolah, dan (c) tahap memperkuat karakter toleransi dimana guru melakukan proses pembelajaran tanpa adanya bias gender dan diskriminasi contohnya tidak membeda-bedakan siswa satu dengan siswa yang lain. 2) faktor penghambat dalam pelaksanaan sekolah ramah anak adalah (a) faktor lingkungan atau sosial, faktor keterbatasan sarana dan prasarana khusunya mushalla dan fasilitas lain seperti kurangnya bale-bale tempat siswa bercengkrama, (b) kurangnya kekompakan guru dimana mereka belum mengikuti pelatihan sekolah ramah anak sehingga belum semua cara kebijakan dan mekanisme yang dilakukan untuk sekolah ramah anak diketahui oleh guru, yang terakhir (c) lemahnya partisipasi komite sekolah karena beberapa komite sekolah yang sudah tidak aktif bahkan jarang terlibat dalam kegiatan sekolah apalagi dalam kaitannya dengan karakter anak itu pasti diserahkan disekolah. Kata kunci: Sekolah Ramah Anak, Pembentukan Karakter

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:43
Last Modified: 22 Aug 2022 09:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24355

Actions (login required)

View Item View Item