Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Kurnia, Nani and Adnan, Adnan and Dzulkarnain, Akhmad Faqih (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. In: Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

[img] Text (Dokumen)
47. Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.pdf

Download (640kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
47. Hasil Peer Review Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Pendidikan memegang peran yang penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara, dan untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Kesuksesan proses belajar ditentukan oleh banyak aspek salah satunya adalah kualitas media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh guru untuk membelajarkan peserta didik dengan ikut serta dan memanfaatkan teknologi yang telah berkembang. Era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat di mana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang penting untuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu Negara. Penggunaan media pembelajaran elektronik dapat membangun pengetahuan dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan dan melibatkan peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas akademik dapat membangun pengetahuan awal dan pemahaman peserta didik yang cenderung meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik sehingga sifat pembelajaran bergeser dari teacher centered menjadi student centered. Materi Sel dan pertumbuhan perkembangan dipilih karena memiliki konten materi yang abstrak sehingga peneliti mengembangkan multimedia interaktif biologi berbasis Mindjet Mindmanager yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi serta menyediakan pembelajaran yang bervariasi. Mindjet Mindmanager merupakan salah satu program yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi informatika dengan tujuan memfasilitasi guru dan peserta didik serta membentuk inovasi dan kreasi pembelajaran berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan pengembangkan multimedia interaktif biologi berbasis mindjet mindmanager pada materi sel dan pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat valid. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Produk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif biologi berbasis mindjet mindmanager bersifat valid dan layak digunakan oleh guru dan peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 18 Aug 2022 17:22
Last Modified: 24 Aug 2022 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item