Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Memori Semantik Pada Siswa SMP Negeri 30 Makassar

Hidayatullah, Adi Putra (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Memori Semantik Pada Siswa SMP Negeri 30 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Adi Putra Hidayatullah.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Adi Putra Hidayatullah. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Memori Semantik Pada Siswa SMP Negeri 30 Makassar. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan memori semantik pada siswa SMP Negeri 30 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian randomized matched two group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi dengan jenis soal melengkapi (completion test). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 Archimedes SMP Negeri 30 Makassar yang berusia antara 13-14 tahun (n=42) dan dibagi ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Kapasitas kemampuan memori partisipan dalam penelitian dikontrol dengan menggunakan Tes Memori Indonesia (TMI). Analisis data dalam penelitian menggunakan uji t-test independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh positif terhadap peningkatan memori semantik pada siswa SMP Negeri 30 Makassar, dengan nilai uji t = -2,430, p = 0,020. Penelitian ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan memori dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dan dapat dijadikan bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut tentang media pembelajaran maupun memori semantik. Kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Memori Semantik. ABSTRACT Adi Putra Hidayatullah. 2014. Improving Semantic Memory with Audio Visual Instructional Media for students at SMPN 30 Makassar. Thesis of Psychology Faculty, University of Makassar. This study aims to determine the effect of audio visual instructional media to increase semantic memory. Using randomized matched two group design, 42 participants were divided into control and experimental groups. By controlling memory capacity using Tes Memori Indonesia (TMI), the data shows that audio visual instructional media has a positive effect on increasing semantic memory of students t = -2,430, p = 0,020. This result shows that audio visual media could have an effect on semantic memory by affecting the coding process of the information in the STM. Further research need on the use of audio-visual instructional media on improving other memories. Keywords: Audio Visual Instructional Media, Memory Semantics.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:03
Last Modified: 07 Apr 2017 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item