Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Bahri, Arsad and Adnan, Adnan and Ismail, Ismail (2018) Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018.

[img] Text (Dokumen)
38. Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.pdf

Download (332kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
38. Hasil Peer Review Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.pdf

Download (956kB)
Official URL: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar peserta didik pada perkuliahan Struktur Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM semester genap 2016/2017. Sampel penelitian terdiri atas 61 orang mahasiswa yang terdiri atas dua kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Aktivitas belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan divisualisasikan dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada perkuliahan Struktur Hewan terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Dosen dapat menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk perkuliahan biologi lainnya dengan mempertimbangkan karakteristik materi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 18 Aug 2022 15:36
Last Modified: 24 Aug 2022 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item