EFEKTIVITAS PELATIHAN KONSEP DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA SISWA SMK NEGERI 1 MAKASSAR

FENNY EMILIATI (2022) EFEKTIVITAS PELATIHAN KONSEP DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA SISWA SMK NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (141kB)
[img] Text
BAB I (Pendahuluan).docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II (Tinjauan Pustaka).docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III (Metode Penelitian).docx

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1(JADWAL PELATIHAN) .docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 (SKENARIO PELATIHAN).docx

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 (SKALA PENGUNGKAPAN DIRI SEBELUM UJI COBA).docx

Download (33kB)

Abstract

FENNY EMILIATI. 2013. Efektivitas pelatihan konsep terhadap peningkatan Pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas Malik, M.Si dan Prof. Dr. H. Arifin Ahmad, MA. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah efektivitas pelatihan konsep diri terhadap peningkatan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1.Bagaimana gambaran pelaksanaan pelatihan konsep diri untuk meningkatkan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. 2. Bagaimana gambaran tingkat pengungkapan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar sebelum dan sesudah diadakan pelatihan konsep diri. 3. Apakah pelatihan konsep diri efektif dalam meningkatkan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.Gambaran pelaksanaan pelatihan konsep diri untuk meningkatkan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. 2. Gambaran tingkat pengungkapan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar sebelum dan sesudah diadakan pelatihan konsep diri. 3. Apakah pelatihan konsep diri efektif dalam meningkatkan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design terhadap 15 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas X di SMK Negeri 1 Makassar tahun ajaran 2012-2013, yang ditentukan dengan teknik Stratified Proporsional Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis statistik inferensial non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test (Z). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelatihan konsep diri dilaksanakan dengan 9 kali pertemuan. Pelatihan konsep diri terbagi atas 2 tahap kegiatan yaitu tahap pertama penyajian materi pelatihan konsep diri yang terdiri dari 2 pertemuan, dan tahap kedua adalah simulasi teknik pengenalan diri yang terdiri dari 7 pertemuan. Siswa yang mengikuti pelatihan menunjukkan partisipasi yang aktif. (2) Tingkat pengungkapan diri siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Makassar sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan setelah diadakan pelatihan konsep diri yaitu berada pada kategori sedang. (3) Pelatihan konsep diri efektif dalam meningkatkan pengungkapan diri pada siswa SMK Negeri 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:12
Last Modified: 16 Aug 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

View Item View Item