PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Meiriani, Ince Reski and Dunakhir, Samirah and Samsinar, Samsinar (2022) PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Artikel Mahasiswa.

[img] Text
ARTIKEL_ 1892141005 INCE RESKI MEIRIANI.pdf

Download (181kB)

Abstract

Program Studi Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar e-mail: incereskimeiriani05@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui bagaimana pengaruh green accounting terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel penelitian ini adalah (1) green accounting (X) sebagai variabel bebas yang diukur dengan menggunakan skala nominal (1-5 dari peringkat PROPER) dan (2) profitabilitas (Y) sebagai variabel terikat yang diukur menggunakan Retun On Asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel tiga tahun mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2019, yakni sebanyak 14 perusahaan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga mendapat 42 sampel yang diambil dengan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana, uji koofisien determinasi, dan uji nilai t. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 1.003 + 0.283X, uji koofisien determinasi sebesar 0.45 sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya, dan uji t diperoleh nilai lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa variabel green accounting berpengaruh signikan terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Kata Kunci: Green Accounting dan Profitabilitas

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:14
Last Modified: 15 Aug 2022 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24272

Actions (login required)

View Item View Item