PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU(BEHAVIOR CONTRACT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMA NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE.

W A H Y U D I (2022) PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU(BEHAVIOR CONTRACT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMA NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKIRIPSI.docx

Download (77kB)
[img] Text
SKIRIPSI.docx

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (974kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (102kB)

Abstract

Wahyudi. 2013. Skripsi. Penerapan teknik kontrak perilaku (behavior contract) untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Ibrahim, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Inti permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang sering membolos sekolah di SMA Negeri 1 Sendana Kab. Majene. berdasarkan survey awal peneliti melihat ada beberapa hal yang membuat siswa sering melakukan perilaku membolos, hal yang paling utama yaitu faktor dari lingkungan, baik dari lingkuangan sekolah maupun lingkungan di tempat tinggal siswa. Oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tingkat perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Sendana Kab. Majene, juga untuk mengetahui pelaksanaan teknik kontrak perilaku sebagai solusi dalam penelitian ini dapat mengurangi perilaku membolos di SMA Negeri 1 Sendana Kab. Majene. penelitian ini juga memberikan manfaat teoritis dan manfaat prktis. penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 30nsubjek penelitianyang merupakan siswa membolos pada kelas XI di SMA Negeri 1 Sendana pada tahun ajaran 2012/2013. pengumpulan data dengan menggunakan istrument angket dan observasi. analisis data menggunakkan t-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Sendana setelah diberikan teknik kontrak perilaku (behavior contract) menunjukkan tingkat perilaku membolos siswa menurun yaitu pada ketgori rendah. (2) pemberian teknik kontrak perilaku dapat mengurangi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Sendana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:59
Last Modified: 15 Aug 2022 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24269

Actions (login required)

View Item View Item