PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TERTAWA UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SINOA KABUPATEN BANTAENG

SUMARNI (2022) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TERTAWA UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SINOA KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (67kB)
[img] Text
3. HAL. ii & iii.docx

Download (41kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
6. BAB III.docx

Download (112kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.docx

Download (31kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

SUMARNI. 2013. Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Tertawa untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M.A dan Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Tertawa untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat stres belajar siswa yang diberikan dan tidak diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik tertawa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. (2) Apakah pengaruh konseling kelompok dengan teknik tertawa dapat mengurangi stres belajar siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat stres belajar siswa yang diberikan dan tidak diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik tertawa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. (2) Untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik tertawa dalam mengurangi stres belajar siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True Experimental Design terhadap 16 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan klasifikasi 8 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat stres belajar siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng yang diberikan perlakuan berkurang dari kategori tinggi menjadi kategori sedang. Sedangkan tingkat stres belajar siswa yang tidak diberikan perlakuan tidak berkurang tetap berada pada kategori tinggi. (2) Pemberian konseling kelompok dengan teknik tertawa dapat mengurangi stres belajar siswa, artinya dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik tertawa maka dapat membantu mengurangi stres belajar siswa di SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:10
Last Modified: 15 Aug 2022 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24263

Actions (login required)

View Item View Item