Penerapan Teknik Konseling Narasi untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros

Kharismawati. (2022) Penerapan Teknik Konseling Narasi untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAGIAN ISI.docx

Download (131kB)
[img] Text
lamp 1-3.docx

Download (51kB)
[img] Text
lamp 4-7.docx

Download (41kB)
[img] Text
lamp 8-14.docx

Download (133kB)
[img] Text
lamp 15-18.docx

Download (69kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (4MB)

Abstract

Kharismawati. 2013. Penerapan Teknik Konseling Narasi untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Anas Malik, M.Si dan Dr. Abdul Saman M.Si, Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki pemahaman diri rendah. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran penerapan teknik konseling narasi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros ? (2) Bagaimana gambaran pemahaman diri siswa kelas VIII sebelum dan setelah diberikan konseling narasi di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros? (3) Apakah pengaruh penerapan teknik konseling narasi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan teknik konseling narasi dalam meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros. (2) Untuk mengetahui gambaran pemahaman diri siswa kelas VIII sebelum dan setelah diberi teknik konseling narasi di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik konseling narasi dalam meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana Kab. Maros. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Cenrana dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design terhadap jumlah responden 8 orang. Instrumen pengukuran meningkatkan pemahaman diri berupa angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statitistik inferensial nonparametris. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana sebelum penerapan teknik konseling narasi berada pada kategori rendah. (2) Tingkat pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana setelah penerapan teknik konseling narasi berada pada kategori tinggi. (3) Ada peningkatan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana. Artinya teknik konseling narasi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Cenrana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:35
Last Modified: 15 Aug 2022 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24256

Actions (login required)

View Item View Item