PENERAPAN TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBERANIAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS DI MTS ASSA’ADAH MAROS

MUTMAINNAH (2022) PENERAPAN TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBERANIAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS DI MTS ASSA’ADAH MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (39kB)
[img] Text
bab I,II,III,IV, & V mutmainnah.docx

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (27kB)

Abstract

Mutmainnah. 2013. Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Keberanian Berbicara Siswa di Depan Kelas di MTs Assa’adah Maros. Skripsi. Di bimbing oleh H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Keberanian Berbicara Siswa di Depan Kelas di MTs Assa’adah Maros. Masalah utama adalah 1) Bagaimana gambaran pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik shaping terhadap tingkat keberanian berbicara siswa di depan kelas di MTs Assa’adah Maros, 2) Bagaimana tingkat keberanian berbicara siswa di depan kelas sebelum dan setelah dilaksanaan teknik shaping di MTs Assa’adah Maros, 3) Apakah ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik shaping terhadap keberanian berbicara siswa di depan kelas di MTs Assa’adah Maros, tujuan penelitian ini adalah, yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran teknik shaping dalam konseling kelompok yang mempengaruhi tingkat keberanian berbicara siswa di depan kelas di MTs Assa’Adah Maros, 2) Untuk mengetahui tingkat keberanian berbicara siswa di depan kelas sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik shaping di MTs Assa’adah Maros, 3) Untuk mengetahui pengaruh teknik shaping terhadap tingkat keberanian berbicara siswa di depan kelas di MTs Assa’adah Maros. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VII dan VIII di MTs Assa’adah Maros tahun ajaran 2012/2013 yang ditentukan dengan simple random sampling, Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik shaping dilaksanakan selama satu bulan dan sebelum diberi perlakuan/treatmen, terlebih dahulu dilaksanakan pre-test. Dari hasil pre-test dengan responden 20 siswa yang nantinya akan diberi perlakuan. (2) Tingkat keberanian berbicara siswa di MTs Assa’adah Maros sebelum di beri perlakuan dalam hal ini pemberian perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik shaping berada pada kategori sedang, akan tetapi setelah diberi perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik shaping berada pada kategori tinggi hal tersebut dikarenakan dengan pemberian konseling kelompok dengan teknik shaping maka dalam setiap tahap pada teknik shaping akan menjadikan bahan pelajaran bagi siswa dalam mengurangi ketidakberanian berbicara siswa di depan kelas. (3) Pemberian konseling kelompok dengan teknik shaping dapat mengurangi tingkat ketidakberanian berbicara siswa di depan kelas di MTs Assa’adah Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:21
Last Modified: 15 Aug 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24255

Actions (login required)

View Item View Item