EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Sulastri, Sulastri (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI Sulastri (astrid07.as@gmail.com) Asniar Khumas (hafizhdzaky@yahoo.com) Nur Afni Indahari Arifin (afni_arifin@yahoo.co.id) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Mahasiswa yang mengerjakan skripsi akan merasakan perubahan emosional seperti sedih, cemas, takut, khawatir, gelisah, merasa bersalah, dan malu yang berujung pada stres. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mampu meregulasi emosi yaitu tidak mampu mengatur dan mengelola secara efektif emosi yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa perempuan yang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa perempuan yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UNM. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai U-test = 10,5 dengan nilai signifikan p = 0,008 (p<0,05), artinya pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi, Stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:27
Last Modified: 30 Aug 2018 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item