KUALITAS ARTISTIK KARYA SENI PATUNG ABSTRAK DARI BAHAN BATA RINGAN DI FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

MUH. NUR IKHSAN, ANDI (2020) KUALITAS ARTISTIK KARYA SENI PATUNG ABSTRAK DARI BAHAN BATA RINGAN DI FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL IKHSAN - Ippong 93.pdf

Download (467kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kualitas Patung Abstrak berbahan bata ringan yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain. Penelitian ini diharapkan berguna bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa sebagai referensi pengembangan ilmiah, sehingga dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa tentang kualitas patung berbahan bata ringan. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data penelitian ini dilaksanakan dalam proses menganalisa dan mendeskripsikan karya putung berbahan bata ringan. Pada proses pengumpulan data digunakan teknik yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan karya patung abstrak yang telah diteliti ada 10 patung, terdiri dari: Patung Praja dibuat oleh Sri Resti Handayani, Patung Abstraksionisme dibuat oleh Nutria Sri Rahayu, Patung Tupai dibuat oleh Sri Wahyuni, Patung Terdampar dibuat oleh Nasrul Ulil, Patung Keselarasan dibuat oleh Erwin sulfidar, Patung Kebisingan dibuat oleh Nur Ulfa Amaliah, Patung Tegas dibuat oleh Waode Sulistiawati, Patung Tumbuh dibuat oleh Nur Hikmah, Patung Mata Api dibuat oleh Nahnuddin Fatwa, dan Patung Ular Kobra dibuat oleh Siti Hatija. Kualitas artistik seni patung abstrak dengan bahan batu ringan di Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar merupakan hasil kreasi atau daya cipta dari perenungan dan proses yang di lalui oleh mahasiswa, dari hal tersebut disimpulkan bahwa Pembuatan karya patung abstrak tersebut terinspirasi oleh alam dan interaksi dengan sesama manusia. Alam dan segala aktivitas manusia diamati secara mendalam, guna memahami dan menangkap gejala-gejala estetis pada objek yang akan dijadikan patung, lalu diekspresikan lewat karya patung abstrak sesuai yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:55
Last Modified: 06 Sep 2022 08:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24249

Actions (login required)

View Item View Item