TUNRUNG TALLUA PADA PROSESI ABBARRISI DALAM UPACARA PESTA ADAT JENE’-JENE’ SAPPARA DI KABUPATEN JENEPONTO KECAMATAN TAROWANG DESA BALANGLOE TAROWANG

ANGGRAENY, ANGGRAENY (2020) TUNRUNG TALLUA PADA PROSESI ABBARRISI DALAM UPACARA PESTA ADAT JENE’-JENE’ SAPPARA DI KABUPATEN JENEPONTO KECAMATAN TAROWANG DESA BALANGLOE TAROWANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
jurnal eny - Anggraeny Frans.pdf

Download (789kB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan: (1) mengetahui Bentuk Penyajian Tunrung Tallua Pada Prosesi Abbarrisi Dalam Upacara Pesta Adat Jene’-jene’ Sappara di Kabupaten Jeneponto Kecamatan Tarowang Desa Balangloe Tarowang. (2) Fungsi Tunrung Tallua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui Studi pustaka, observasi, Wawancara, Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk Penyajian Tunrung Tallua pada Prosesi Abbarrisi dalam Upacara Pesta Adat Jene’-jene’ Sappara di Kabupaten Jeneponto Kecamatan Tarowang Desa Balangloe Tarowang, Tunrung Tallua merupakan bagian terpenting dan dianggap sakral dalam kehidupan masyarakat Balangloe Tarowang. Bentuk penyajian Tunrung Tallua dalam prosesi Abbarrisi ialah suatu bentuk atau wujud ungkapan yang dapat dilihat, dalam hal ini musik tradisional yang disajikan untuk dapat dinikmati segala unsur-unsur yang ada didalamnya yang meliputi; Pemain yaitu orang-orang yang memainkan musik tersebut, Pola pukulan yaitu susunan tabuhan dalam memainkan Tunrung Tallua. Tunrung Tallua pada Prosesi Abbarrisi dalam upacara pesta adat Jene’-jene’ Sappara meliputi : a. Baku Karaeng, b. Pengarakan Lambang Kemenangan (benda pusaka), c. Tunrung Salapang, d. Tunrung Tallua, e. Pakanjara sebagai musik penutup dan akhir dari kegiatan Jene’-jene Sappara. (2). Adapun Fungsi Tunrung Tallua pada Prosesi Abbarrisi dalam Upacara Pesta Adat Jene’-jene’ Sappara di Kabupaten Jeneponto Kecamatan Tarowang Desa Balangloe adalah sebagai penolak malapeta dalam rangkaian acara adat. Tunrung Tallua dimainkan pada saat Penjemputan Benda Pusaka dan Pengarakan benda pusaka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:54
Last Modified: 06 Sep 2022 08:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item