KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA SENI KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAIN PERCA BAGI KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 5 BULUKUMBA

IZMI EDYS, NUR (2022) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA SENI KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAIN PERCA BAGI KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 5 BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL - NUR IZMI EDYS - FSD 18 - Nur izmi Edys.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membuat karya seni kolase dengan menggunakan media kain perca bagi kelas X TB SMK Negeri 5 Bulukumba ditinjau dari aspek ide/gagasan, aspek penguasaan teknik, penguasaan bahan, kerapian dan kreativitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, pendekatan deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TB yang berjumlah 14 karya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes praktik, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik sederhana tabel persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam membuat karya seni kolase dengan menggunakan media kain perca bagi kelas X TB SMK Negeri 5 Bulukumba ditinjau dari keseluruhan aspek dikategorikan cukup yaitu berdasarkan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Mata Pelajaran Seni Budaya menunjukkan bahwa 8 peserta didik (57%) tidak mencapai nilai KKM 80, dan hanya 6 peserta didik (43%) mencapai nilai KKM 80. Setelah mendapatkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi dan manfaat untuk peserta didik dalam membuat karya seni kolase dengan menggunakan media kain perca. Kata kunci : kemampuan, teknik kolase, media kain perca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:53
Last Modified: 06 Sep 2022 08:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24224

Actions (login required)

View Item View Item