PENGARUH SENSATION SEEKING DAN EMOTION REGULATION TERHADAP BERMAIN VIOLENT VIDEO GAME PADA REMAJA

Hanany, Rizqi Nurdina Tuti (2016) PENGARUH SENSATION SEEKING DAN EMOTION REGULATION TERHADAP BERMAIN VIOLENT VIDEO GAME PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rizqi Nurdina Tuti Hanany 2016.docx

Download (15kB)

PENGARUH SENSATION SEEKING DAN EMOTION REGULATION TERHADAP BERMAIN VIOLENT VIDEO GAME PADA REMAJA Rizqi Nurdina Tuti Hanany (rizqiinurdina@gmail.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Nurfitriani Fakhri (nurfitriany.fakhri@unm.ac.id) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Bermain Video game adalah hal yang lumrah di kalangan pelajar SMP-SMA. Video game yang menjadi game favorit pada remaja adalah yang mengandung konten kekerasan (violent). Vioelnt video game dimainkan oleh remaja sebagai fasilitas untuk membangkitkan adrenalin, memperoleh gairah, menghilangkan rasa bosan, pelarian ketika sedang mengalami masalah dengan sekolah maupun keluarga juga sebagai stimulus untuk mengatasi negative affect yang dialami. Subyek penelitian ini adalah remaja yang memainkan violent video game sebanyak 63 orang dan yang memainkan non violent video game sebanyak 29 orang di game centre yang ada di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sensation seeking terhadap bermain VVG pada remaja dengan nilai r= 0, 397 (p =0,001). Hasil penelitian juga menunjukkan ada perbedaan rata-rata emosi (aaffect balanced, emosi positif-emosi negatif) yang signifikan (p=0,000) sebelum dan sesudah bermain VVG yang artinya Remaja yang sudah bermain VVG memiliki emosi yang lebih positif dibandingkan dengan sebelum bermain VVG. Dan terdapat perbedaan emosi remaja yang bermain VVG dengan remaja yang bermain VVG secara signifikan. Kelompok yang bermain VVG memiliki emosi (affect balanced, emosi positif-emosi negatif) lebih positif dibandingkan dengan yang kelompok yang bermain non VVG. Kata kunci: Remaja, sensation seeking, emotion regulation, violent video game.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:21
Last Modified: 06 Apr 2017 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item