PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL ALDY GALLERY TORAJA UTARA

MENDILA PAKAN, WILLIAM (2022) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL ALDY GALLERY TORAJA UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
William Mendila Pakan_1786141025_Perancangan Identitas Visual Aldy Gallery Toraja Utara_Jurnal - william pakan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual yang dapat membantu dalam membentuk dan menyatukan brand touchpoints Aldy Gallery. Identitas visual Aldy Gallery yang baru dapat menciptakan diferensiasi yang jelas, menarik perhatian khalayak khususnya target audience spesifik serta dapat membantu dalam membangun citra Aldy Gallery kedepannya. Penulis menggunakan metode design thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, dan prototype. Penelitian diawali dengan tahapan empathize yaitu dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi secara langsung di tempat usaha Aldy Gallery untuk mengetahui nilai-nilai yang terdapat di dalam internal Aldy Gallery. Hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diolah pada tahapan define untuk menetapkan permasalahan. Kemudian akan diolah kembali untuk menghasilkan ide (kensep) pada tahapan ideate serta melakukan studi pustaka untuk mendapatkan referensi mengenai perancangan identitas visual dan mengeksplorasi motif-motif visual pada ukiran, kain tradisional, dan produk Aldy Gallery guna pemecahan masalah dalam pembentukan identitas visual Aldy Gallery. Perancangan identitas visual pada tahapan ideate berangkat dari pemahaman mengenai nilai-nilai di dalam Aldy Gallery sebagai landasan ide (konsep) dalam merancang identitas visual yaitu mengenai nilai kekeluargaan atau kebersahabatan serta menghargai kebudayaan lokal sebagai wujud Aldy Gallery merupakan bagian dari komunitas masyarakat. Tahapan akhir yaitu prototype dengan melakukan pengaplikasian identitas visual pada berbagai media yang telah ditentukan dalam skala yang kecil. Hasil perancangan identitas visual mencangkup penciptaan logo Aldy Gallery dan elemen identitas visual lainnya (warna, tipografi, pattern/motif) yang dikemas atau ditampilkan ke dalam Graphic Standard Manual (GSM) serta penerapannya ke berbagai media. Keywords: Aldy Gallery; Identitas Visual; Brand Touchpoints.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:53
Last Modified: 06 Sep 2022 08:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24219

Actions (login required)

View Item View Item