Strategi Pertumbuhan Usaha Café Titik Nol

Sulfiani, Sulfiani and SUMIATI, SUMIATI and Akib, Haedar and Tenri Awaru, A. Octamaya (2022) Strategi Pertumbuhan Usaha Café Titik Nol. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6 (1). pp. 12-21. ISSN 2549-0893

[img] Text (Artikel)
S5-trategi Pertumbuhan Usaha Cafe Titik Nol.pdf

Download (618kB)
[img] Text (Peer reviewer)
Peer reviewer Strategi Pertumbuhan Usaha titik nol (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
S5-trategi Pertumbuhan Usaha Cafe Titik Nol.pdf

Download (618kB)
Official URL: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/a...

Abstract

Abstrak Untuk mengembangkan suatu usaha atau bisnis supaya berhasil tergantung pada bagaimana menjalankan bisnis sesuai dengan aturan dan memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi. Café Titik Nol merupakan usaha milik sendiri bukan anak perusaha atau cabang dari Usaha Menengah atau Usaha Besar. Café Titik Nol dikelola sendiri oleh salah satu mahasiswa Program S1 Universitas Hasanuddin yang bernama Amirul Sumaji. Café ini terletak di Jl.Statistik, Tamalanrea Indah, Kota Makassar..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pertumbuhan usaha dan faktor faktor yang mempengaruhi usaha Café Titik Nol. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan Teknik sampling nonrandom sampling dalam pengumpulan data melalui wawancara individu. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriftif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan data deskriftif kualitatif untuk mengetauhi strategi apa yang dilakukan atau digunakan Café Titik Nol dalam meningkatkan pertumbuhan usahanya dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi strategi pertumbuhan usaha Café Titik Nol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi Pertumbuhan usaha café Titik Nol dilakukan dengan cara berusaha lebih memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan café, membina relasi yang ada dengan pegawai kafe guna meramaikan atau mencari pelanggan tetap café, memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh konsumen, memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menjalankan usaha. selalu berupaya meningkatkan fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, berusaha menjaga konsistensi citra rasa dari produk-produk yang dijual. (2) faktor- Faktor yang mempengaruhi strategi partumbuhan Usaha Café Titik Nol yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan. Kekuatan dari Café Titik Nol ini yaitu citra café, letak café yang stategis, kualitas produk yang ditawarkan, saran dan prasarana yang memadai, memiliki konsumen tetap, dan menyempurnakan produk inovatif dan kretatif. Sedangkan kelemahan dari café ini adalah Kegiatan promosi masih kurang,jaringan pemasaran, dan tenaga pemasaran yang terbatas. Faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman. Peluang yang dimiliki oleh Cafe meliputi yaitu (1) Tingkat pertumbuhan mahasiswa Universitas Hasanuddin (2) Tren penjualan yang meningkat. Sedangkan ancaman bagi Café Titik Nol adalah pada saat pandemi covid 19 saat ini, tentunya café ini tidak beroperasional dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pertumbuhan, Kewirausahaan, Café Titik Nol
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:00
Last Modified: 08 Aug 2022 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24216

Actions (login required)

View Item View Item