Yunus, Ilham Annas and Patahuddin, Patahuddin and Ridha, M. Rasyid (2018) Museum Latemmamala sebagai Media Pembelajaran Sejarah 2008-2017. Jurnal Pattingalloang, 5 (4). pp. 17-25. ISSN 2686-6463
Text (Hasil Turnitin)
25 %_Museum Latemmamala sebagai Media Pembelajaran Sejarah 2008-2017 (1).pdf Download (384kB) |
|
Text (Peer Reviewer)
Museum latemmamala sebagai media pembelajaran sejarah 2008-201719042022214259.pdf Download (1MB) |
|
Text (Jurnal Ilmiah)
Museum Latemmamala sebagai Media Pembelajaran Sejarah 2008-2017.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fungsi Museum Latemmamala sebagai media dan sumber belajar sejarah, respon pengunjung serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi Museum Latemmamala sebagai media pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan kajian pustaka dengan menggunakan metode sejarah melalui beberapa tahapan: heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan yang dulunya dikenal dengan bangunan Villa Yuliana yang dibangun pada tahun 1905, dimana bangunan ini diperuntukkan untuk menyambut Ratu Yuliana dialihfungsikan dan secara resmi menjadi Museum Latemmamala pada Tahun 2008. Selanjutnya bersamaan dengan perkembangannya Museum Latemmamala ini dijadikan sebagai pusat memperoleh pengetahuan sejarah oleh beberapa orang maupun instansi terkait, dengan mendukungnya sumber yang dipamerkan dan pengelolaaan tempat yang baik memuat museum ini tetap eksis sampai sekarang. Kata Kunci : Museum, Latemmamala, Soppeng
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Nuhasni Muis |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24197 |
Actions (login required)
View Item |