PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ONLINE PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN KAKATUA MAKASSAR

NOVITA SARI (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ONLINE PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN KAKATUA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Novita Sari (1741040004).pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi novitasari-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Novita Sari 2022. Pengembangan Game edukasi online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Kakatua Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Andromeda Valentino Sinaga,S.S.,M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terdapat pada sekolah tersebut adalah kegiatan proses belajar mengajar yang monoton, sehingga siswa lebih cepat merasa bosan dalam hal belajar, bukan hanya itu akan tetapi siswa mengalami perubahan cara belajar dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring yang lebih banyak menekankan kemampuan visual dan literasi dikarenakan covid-19. Sedangkan tujuan yang akan dicapai bukan hanya sekedar dapat merangsang pikiran dan kreativitas anak melainkan juga game edukasi ini dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan atau materi pelajaran secara interaktif dan menarik bagi anak. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan metode penelitian research and development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SDN Kakatua Makassar kelas V SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dari penelitian ini berisi 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/materi dan ahli desain/media, siswa-siswi yang berjumlah 25 orang dan 1 guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Game edukasi online berada pada kualifikasi sangat kurang atau sangat dibutuhkan sehingga sehingga hal ini akan menjadi acuan peneliti dalam mengembangkan game edukasi, pada desain game edukasi online ini berdasarkan dari hasil analisis kebutuhan serta uji kepraktisan game edukasi online pada kelas V SD ini berada pada kualifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil pengembangan game edukasi online pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa. apalagi game merupakan salah satu hal yang digemari oleh peserta didik yang duduk dibangku sekolah dasar (SD). Selain itu faktor memanfaatkan panca indera yang dimiliki peserta didik yaitu mata dan telinga, juga merupakan salah satu hal yang dapat membantu memahami informasi yang diperoleh selama pembelajaran. Kata kunci : Game edukasi, Kahoot, E-learning, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:04
Last Modified: 04 Aug 2022 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24195

Actions (login required)

View Item View Item