PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MODELING KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI – SELATAN

SRIMAELANI (2022) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MODELING KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI – SELATAN.

[img] Text
Sampul Depan.docx

Download (37kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (63kB)
[img] Text
ISI SKRIPSIKU.docx

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA lanhy.docx

Download (19kB)
[img] Text
lamp 1 dan 2.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMP 3- 6.docx

Download (46kB)
[img] Text
LAMP 10-13.docx

Download (67kB)
[img] Text
Riwayat hidup lanhy.docx

Download (68kB)

Abstract

Srimaelani. 2013. Skripsi. Pengaruh Penerapan Teknik Modeling Kognitif Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan . Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Soli Abimanyu, M.Si dan Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Penerapan Teknik Modeling Kognitif Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan . Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan modeling kognitif di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan. (2) Bagaimana gambaran kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa modeling kognitif. (3) Apakah ada pengaruh pemberian modeling kognitif terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan modeling kognitif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan (2) Untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan modeling kognitif (3) Untuk mengetahui apakah pemberian modeling kognitif berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design terhadap 40 sampel penelitian, masing-masing 20 sampel untuk kelompok eksperimen dan 20 sampel untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan modeling kognitif membuat siswa dapat berlatih untuk meningkatkan kemandirian dalam belajar. (2) Kemandirian belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa modeling kognitif berada pada kategori rendah dan menunjukkan peningkatan setelah diberi perlakuan yaitu berada pada kategori tinggi. (3) Modeling kognitif berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai-Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:21
Last Modified: 04 Aug 2022 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item