PENGARUH PERMAINAN DIALOG DALAM KONSELING GESTALT MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI RASA KURANG PERCAYA DIRI SISWA DI SMA NEGERI I TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

MUH. ALFIAN (2022) PENGARUH PERMAINAN DIALOG DALAM KONSELING GESTALT MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI RASA KURANG PERCAYA DIRI SISWA DI SMA NEGERI I TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Sampul, Abstrak, Pengesahan, dll.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 1, 2, 3, dan 4 (Angket, Kisi2, dan Pedoman).docx

Download (45kB)
[img] Text
Lampiran 5 (Analisa Uji Angket).docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 10 Analisis observasi.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Muh. Alfian. 2012. Pengaruh Permainan Dialog Dalam Pendekatan Konseling Gestalt Melalui Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Soli Abimanyu, M.Sc dan Drs. Muhammad Anas, M.Si). Masalah dalam penelitian ini yaitu, siswa kelas XI IPA 1 yang mengalami rasa kurang percaya diri di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana tingkat rasa percaya diri siswa SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto sebelum dan sesudah diberi permainan dialog melalui konseling pendekatan Gestalt? Dan bagaimana pengaruh permainan dialog dalam pendekatan konseling Gestalt terhadap siswa SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto? Mencermati permasalahan, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan dialog dalam pendekatan konseling Gestalt dalam mengatasi rasa kurang percaya diri siswa di SMA Negeri I Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest-Posttest Only Design”. Analisis data ini adalah analis non-parametrik yang mengkaji mengenai pengaruh konseling gestalt dengan teknik empty chair untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPA 1. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kurang percaya diri siswa di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto sebelum diberikan perlakuan berupa permainan dialog menunjukkan bahwa pada umumnya tingkat kurang percaya diri siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, setelah diberikan perlakuan berupa permainan dialog berdasarkan hasil posttest mengalami perubahan yaitu berada pada kategori rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan yang sangat signifikan. Dengan demikian permainan dialog berpengaruh untuk mengatasi rasa kurang percaya diri siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:49
Last Modified: 04 Aug 2022 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24183

Actions (login required)

View Item View Item