PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR

MAYA MASYITA SUHERMAN (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul depan.docx

Download (31kB)
[img] Text
2. Daftar isi q.docx

Download (57kB)
[img] Text
3. BAB I, II, III, IV.docx

Download (129kB)
[img] Spreadsheet
lampiran 11-12 pedoman observasi.xlsx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 13-16 Dta hasil observasi q.docx

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran 17 - RPBK q.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 19 - dokumentasi foto pnlitian q.docx

Download (1MB)
[img] Text
rwyat hdup.docx

Download (41kB)

Abstract

Maya Masyita Suherman, 2012. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Sulaiman Samad dan Hj. Nurbaya kaco, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMA Negeri 3 Makassar, (2) Bagaimana kemampuan komunikasi siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik peer group (3) Apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group mampu meningkatkan kemampuan komunikasi SMA Negeri 3 Makassar . Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMA Negeri 3 Makassar, (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik peer group (3) Untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2011/2012, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMA Negeri 3 Makassar dilaksanakan melalui lima tahap yaitu tahap awal (peer group), tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. (2) Kemampuan komunikasi siswa sebelum diberi bimbingan kelompok dengan teknik peer group berada pada kategori sedang , rendah dan sangat rendah kemudian mengalami peningkatan setelah diberi bimbingan kelompok dengan teknik peer group yaitu berada pada kategori sedang dan tinggi. (3) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:20
Last Modified: 03 Aug 2022 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24177

Actions (login required)

View Item View Item