PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR

WINARTI (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul depan.docx

Download (59kB)
[img] Text
1. Sampul depan.docx

Download (59kB)
[img] Text
SKRIPSI wina.docx

Download (131kB)
[img] Text
lampiran 1, 2 JADWAL KEGIATAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran 3 lembar media kegiatan simulasi baru.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 4, 5 angket baru.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Winarti, 2012. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal siswa SMP Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh H. Kulasse Kanto dan Sulaiman Samad, jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal siswa di SMP Negeri 2 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa (2) Bagaimana gambaran keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi (3) Apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa, (2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi (3) Untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental design terhadap 20 subjek penelitian yang merupakan siswa SMP Negeri 2 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dalam meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa dilaksanakan selama empat tahap yaitu latihan komunikasi, latihan saling menolong, latihan tampil di depan umum dan latihan empati. Dalam setiap pelaksanaan permainan simulasi siswa mengikuti mengikuti dengan antusias serta aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diberikan. (2) Keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi berada pada kategori sedang dan menunjukkan peningkatan setelah diberi perlakuan yaitu berada pada kategori sangat tinggi. (3) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:14
Last Modified: 03 Aug 2022 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item View Item