PENGARUH BIMBINGAN TEKNIK MEMBACA EFEKTIF SQ3R TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SMP NEGERI 18 MAKASSAR

ASRIANI (2022) PENGARUH BIMBINGAN TEKNIK MEMBACA EFEKTIF SQ3R TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SMP NEGERI 18 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (56kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (126kB)

Abstract

Asriani. 2012. Pengaruh bimbingan teknik membaca efektif SQ3R terhadap prestasi belajar sisawa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SMP Negeri 18 Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd, dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan bimbingan teknik membaca efektif SQ3R di SMP Negeri 18 Makassar dan pengaruh penggunaan bimbingan teknik membaca efekttif SQ3Rterhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Teknik pengumpulan data di gunakan tes hasil belajar, angket, lembar observasi yang telah di uji coba. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif (skor rata-rata, frekuensi, persentase) serat analisis uji hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen yang diberikan bimbingan teknik membaca efektif SQ3R lebih tinggi dibanding skor rata-rata prestasi belajar dari kelompok control dan di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan respon siswa terhadap penerapan teknik membaca efektif SQ3R diperoleh tanggapan tentang menyimak bacaan, membaca dengan cepat, serta memahami isi bacaan dari kelas eksperimen tanggapan siswa tersebar pada kategori cukup, baik, dan sangat baik, sedangkan dari kelompok kontrol hanya tersebar pada kategori cukup, baik, dan tidak baik tanggapan siswa pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dikatakan bahwa penerapan bimbingan teknik membaca efektif SQ3R meningkatkan prsetasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:28
Last Modified: 03 Aug 2022 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item View Item