Ermiansa (2022) Penerapan Permainan Team Work Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Kemarahan Siswa Di SMP Negeri 7 Enrekang.
Text
halaman depan skripsiQ.docx Download (75kB) |
|
Text
BAB I , dan II ermiansa.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III ermiansa.docx Download (55kB) |
|
Text
daftar pustaka ermiansa.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 1 jadwalpenelitian.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 2 pelaksanaan kegiatan.docx Download (21kB) |
|
Text
Lampiran 3 skenarioQ.docx Download (37kB) |
|
Text
Riwayat hidup ermiansa.docx Download (40kB) |
Abstract
Ermiansa, 2012. Penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh H. Abdullah Pandang, dan M. Anas Malik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa yang membutuhkan layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work di SMP Negeri 7 Enrekang, dan 2) Apakah pemberian bimbingan kelompok dengan permainan team work berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work di SMP Negeri 7 Enrekang, dan 2) Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work terhadap kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperiment design terhadap 32 subjek penelitian (kelompok kontrol 16 siswa dan kelompok eksperimen 16 siswa) yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang sebelum diberi perlakuan berupa permainan team work baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori sedang, dan setelah diberikan perlakuan maka kemampuan mengelola kemarahan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang berarti sedangkan kelompok eksperiment mengalami peningkatan yang signifikan. (2) Kelompok siswa yang diberikan perlakuan berupa permainan team work dalam bimbingan kelompok, kemampuan mengelola kemarahannya meningkat, dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan permainan team work dalam bimbingan kelompok, hal ini berarti ada pengaruh penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:08 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24168 |
Actions (login required)
View Item |