Penerapan Permainan Team Work Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Kemarahan Siswa Di SMP Negeri 7 Enrekang

Ermiansa (2022) Penerapan Permainan Team Work Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Kemarahan Siswa Di SMP Negeri 7 Enrekang.

[img] Text
halaman depan skripsiQ.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I , dan II ermiansa.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III ermiansa.docx

Download (55kB)
[img] Text
daftar pustaka ermiansa.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 1 jadwalpenelitian.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 2 pelaksanaan kegiatan.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 3 skenarioQ.docx

Download (37kB)
[img] Text
Riwayat hidup ermiansa.docx

Download (40kB)

Abstract

Ermiansa, 2012. Penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh H. Abdullah Pandang, dan M. Anas Malik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa yang membutuhkan layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work di SMP Negeri 7 Enrekang, dan 2) Apakah pemberian bimbingan kelompok dengan permainan team work berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work di SMP Negeri 7 Enrekang, dan 2) Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan permainan team work terhadap kemampuan mengelola kemarahan siswa di SMP Negeri 7 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperiment design terhadap 32 subjek penelitian (kelompok kontrol 16 siswa dan kelompok eksperimen 16 siswa) yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan mengelola kemarahan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang sebelum diberi perlakuan berupa permainan team work baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori sedang, dan setelah diberikan perlakuan maka kemampuan mengelola kemarahan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang berarti sedangkan kelompok eksperiment mengalami peningkatan yang signifikan. (2) Kelompok siswa yang diberikan perlakuan berupa permainan team work dalam bimbingan kelompok, kemampuan mengelola kemarahannya meningkat, dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan permainan team work dalam bimbingan kelompok, hal ini berarti ada pengaruh penerapan permainan team work dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:08
Last Modified: 03 Aug 2022 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24168

Actions (login required)

View Item View Item