PENERAPAN TEKNIK SPIRITUAL PARENTING TRAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DIALOGIS ORANGTUA ANAK PADA ANGGOTA MEJELIS TAKLIM AL-MA’ARIF SUNGGUMINASA

NUR WULANDANI (2022) PENERAPAN TEKNIK SPIRITUAL PARENTING TRAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DIALOGIS ORANGTUA ANAK PADA ANGGOTA MEJELIS TAKLIM AL-MA’ARIF SUNGGUMINASA.

[img] Text
1. Sampul okk.docx

Download (68kB)
[img] Text
2. Daftar isi .docx

Download (64kB)
[img] Text
3. BAB I,II,III,IV,V. okk docx.docx

Download (141kB)
[img] Text
11. Lampiran 19 - dokumentasi foto pnlitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
8. Lampiran 13-16 Dta hasil observasi - Copy.docx

Download (54kB)
[img] Text
12. Lampiran 20 - rwyat hdup.docx

Download (39kB)

Abstract

Nur Wulandani, 2012. Penerapan Teknik Spiritual Parenting Training Dalam Meningkatkan Komunikasi Dialogis Orangtua Anak Pada Anggota Majelis Taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa. Skripsi. Dibimbing oleh H. Abdullah Pandang dan Hj. Kustiah Sunarty, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Spiritual Parenting Training Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dialogis Orangtua Anak Pada AnggotaMajelis Taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan komunikasi dialogis orangtua anak sebelum dan setelah diberikan teknik spiritual parenting training (2) Apakah penerapan teknik spiritual parenting training mampu meningkatkan kemampuan komunikasi orangtua anak pada anggota Majelis Taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi dialogis orangtua anak sebelum dan setelah diberikan teknik spiritual parenting training (2) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik spiritual parenting training mampu meningkatkan kemampuan komunikasi orangtua anak pada anggota Majelis Taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 12 orang ibu anggota Majelis Taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan komunikasi dialogis orangtua dengan remaja sebelum penerapan teknik spiritual parenting training berada pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan setelah diberi teknik spiritual parenting training yaitu berada pada kategori tinggi (2) Penerapan teknik spiritual parenting training dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dialogis orangtua anak pada anggota majelis taklim Al-Ma’Arif Sungguminasa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:31
Last Modified: 02 Aug 2022 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item