PENGARUH PENERAPAN TEKNIK CUE-CONTROLLED RELAXATION DENGAN DZIKIR TERHADAP STRES BELAJAR SISWA DI MAN 2 MODEL MAKASSAR

SITTI RAHMI (2022) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK CUE-CONTROLLED RELAXATION DENGAN DZIKIR TERHADAP STRES BELAJAR SISWA DI MAN 2 MODEL MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (17kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (45kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
OB II.docx

Download (18kB)
[img] Text
OB III.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

SITTI RAHMI. 2011. Skripsi. Pengaruh Penerapan Teknik Cue-Controlled Relaxation dengan Kalimat Dzikir Terhadap Stres Belajar Siswa MAN 2 Model Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurbaya Kaco, M. Pd dan Drs. H. Abdullah Pandang, M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Penerapan Teknik Cue-Controlled Relaxation dengan Kalimat Dzikir terhadap Stres Belajar Siswa di MAN 2 Model Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran stres belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir di MAN 2 Model Makassar 2. Bagaimana pengaruh penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir terhadap stres belajar siswa di MAN 2 Model Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran stres belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir di MAN 2 Model Makassar 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir terhadap stres belajar siswa di MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen terhadap 8 sampel penelitian yang merupakan siswa X8 MAN 2 Model Makassar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif non-parametrik, yaitu Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat stres belajar siswa sebelum diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir berkategori sedang, akan tetapi setelah diberi perlakuan berupa teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir tingkat stres belajar siswa mengalami perubahan kearah positif dan menurun sehingga berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir memberi pengaruh yang positif terhadap penanganan stres belajar siswa X8 di MAN 2 Model Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:27
Last Modified: 02 Aug 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24152

Actions (login required)

View Item View Item