SITTI RAHMI (2022) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK CUE-CONTROLLED RELAXATION DENGAN DZIKIR TERHADAP STRES BELAJAR SISWA DI MAN 2 MODEL MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (17kB) |
|
Text
halaman depan.docx Download (45kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (29kB) |
|
Text
OB II.docx Download (18kB) |
|
Text
OB III.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
SITTI RAHMI. 2011. Skripsi. Pengaruh Penerapan Teknik Cue-Controlled Relaxation dengan Kalimat Dzikir Terhadap Stres Belajar Siswa MAN 2 Model Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurbaya Kaco, M. Pd dan Drs. H. Abdullah Pandang, M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Penerapan Teknik Cue-Controlled Relaxation dengan Kalimat Dzikir terhadap Stres Belajar Siswa di MAN 2 Model Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran stres belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir di MAN 2 Model Makassar 2. Bagaimana pengaruh penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir terhadap stres belajar siswa di MAN 2 Model Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran stres belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir di MAN 2 Model Makassar 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir terhadap stres belajar siswa di MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen terhadap 8 sampel penelitian yang merupakan siswa X8 MAN 2 Model Makassar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif non-parametrik, yaitu Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat stres belajar siswa sebelum diberikan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir berkategori sedang, akan tetapi setelah diberi perlakuan berupa teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir tingkat stres belajar siswa mengalami perubahan kearah positif dan menurun sehingga berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik cue-controlled relaxation dengan kalimat dzikir memberi pengaruh yang positif terhadap penanganan stres belajar siswa X8 di MAN 2 Model Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:27 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24152 |
Actions (login required)
View Item |