PENGARUH PENERAPAN TERAPI RELAKSASI DENGAN MUSIK DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SEMESTER SISWA KELAS X DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR

ASTUTI ABDULLAH (2022) PENGARUH PENERAPAN TERAPI RELAKSASI DENGAN MUSIK DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SEMESTER SISWA KELAS X DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR.

[img] Other
prakata dll (4).rtf

Download (187kB)
[img] Text
skripsi isi.docx

Download (126kB)
[img] Text
Hasil Analisis Data BARU lamp 13 (2).docx

Download (117kB)
[img] Text
hasil uji coba asti lamp 9 (2).docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 hal 65-67.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (23kB)

Abstract

Astuti Abdullah. 2012. Skripsi. Pengaruh Penerapan Terapi Relaksasi Dengan Musik Dalam Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Semester Siswa Kelas X Di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Abdul Salam dan Farida Aryani. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan terapi relaksasi dengan musik dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian semester Siswa Kelas X Di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran kecemasan menghadapi ujian semester siswa kelas X sebelum diberikan terapi relaksasi dengan musik di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar?. 2. Apakah ada pengaruh penggunaan terapi relaksasi dengan musik dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian semester siswa kelas X di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran kecemasan menghadapi ujian semester siswa kelas X di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum dan setelah diberi terapi relaksasi dengan musik. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan terapi relaksasi dengan musik untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian semester siswa kelas X di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimen terhadap 35 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas X di SMA Negeri Kartika Wirabuana-1 Makassar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Tingkat kecemasan menghadapi ujian semester siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 sebelum diberi perlakuan berupa terapi relaksasi dengan musik berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan tingkat kecemasan mengalami penurunan yang signifikan ke kategori rendah. Artinya, terapi relaksasi dengan musik dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian semester di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. (2). Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan terapi relaksasi dengan musik dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Artinya, kecemasan siswa mengahadapi ujian semester dapat dikurangi dengan pemberian terapi relaksasi dengan musik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:26
Last Modified: 02 Aug 2022 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item