HASRIAH SYAM (2022) MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEHNIK GROUP INVESTIGATION DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR.
Text
SAMPUL S K R I P S 1.docx Download (80kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
1. asliiiiiiiii riiibeeeeetttttttttttttt (Repaired) (Repaire.doc Download (102kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (23kB) |
|
Text
6. LAMPIRANNYA BU.KUS.docx Download (19kB) |
Abstract
HASRIAH SYAM, 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Bimbingan Belajar dengan Teknik Group Investigation di SMK Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Sulaiman Samad dan. Kustiah Sunarty. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian Pre-Eksperimen ini dilakukan di SMK 3 Negeri Makassar dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Otomotif dengan jumlah 30 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa di kelas XI Otomotif mengalami kesulitan belajar yang tinggi. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan bimbingan belajar dengan teknik Group Investigation (GI) di SMK Negeri 3 Makassar, (2) Bagaimanakah gambaran kesulitan belajar di SMK Negeri 3 Makassar, (3) Apakah kesulitan belajar siswa dapat diatasi melalui Bimbingan Belajar dengan teknik Group Investigation di SMK Negeri 3 Makassar. Subjek eksperimen diberi pretest untuk mengetahui suasana kesulitan belajar siswa sebelum di berikan Bimbingan Belajar dengan Teknik group Investigation. Di akhir penelitian ini diberi posttest untuk mengetahui pengaruh penerapan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Group Investigtion Dalam Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data dengan menggunakan analisis persentase dan analisis statistic inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pelaksanaan bimbingan belajar dengan teknik Group Investigation (GI) di SMK Negeri 3 Makassar dilakukan dengan 8 tahap yaitu: a. Pemberian Informasi Umum tentang Bimbingan Belajar Dengan Teknik Group investigation, b. Mengidentifikasi Masalah, c. Merencanakan Apa yang akan Diinvestigasi, d. Melaksanakan Investigasi, e. Menyiapkan Laporan, f. Mempersentasikan Laporan, g. Evaluasi, h. Mengisi lembar respon (2) Gambaran kesulitan belajar di SMK Negeri 3 Makassar sebelum diberikan bimbingan belajar dengan teknik Group Investigation berada pada kategori tinggi, setelah diberikan bimbingan belajar dengan teknik Group Investigation berada pada kategori rendah (3) Kesulitan belajar siswa dapat diatasi melalui Bimbingan Belajar dengan teknik Group Investigation di SMK Negeri 3 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 01:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 01:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24144 |
Actions (login required)
View Item |