PENGARUH LATIHAN EMPATI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR

JUSPINARTI (2022) PENGARUH LATIHAN EMPATI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR.

[img] Text
1 Sampul luar.docx

Download (36kB)
[img] Text
2 pengantar.docx

Download (71kB)
[img] Text
3 Isi skripsi.docx

Download (107kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Juspinarti, 2012. Skripsi. Pengaruh Latihan Empati terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Dibimbing oleh Alimuddin Mahmud dan Kulasse Kanto. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh latihan empati terhadap perilaku prososial siswa. Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran tingkat perilaku prososial siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberikan latihan empati ? 2) Apakah ada pengaruh penerapan latihan empati terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran tingkat perilaku prososial siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberikan latihan empati. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan latihan empati terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 30 subjek penelitian, yang merupakan siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 DAN XI IPA 4 SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran tingkat perilaku prososial siswa di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum perlakuan berada pada kategori rendah akan tetapi sesudah diberi perlakuan berupa latihan empati tingkat perilaku prososial siswa mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. 2) Ada pengaruh positif penggunaan latihan empati terhadap peningkatan perilaku prososial siswa SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:25
Last Modified: 02 Aug 2022 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item View Item