Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang.

Mardiatika Mahmud (2022) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang.

[img] Text
halaman depan.docx

Download (60kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING TIKA.docx

Download (12kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.rtf

Download (56kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (140kB)

Abstract

Mardiatika Mahmud, 2012. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Salam, M. Si dan Drs. Muhammad Anas Malik, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran Perilaku Prososial siswa kelas XI sebelum dan sesudah diberi metode role playing di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Apakah ada pengaruh metode role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku prososial siswa kelas XI sebelum dan sesudah penerapan metode role playing di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang, dan (2) Untuk mengetahui pengaruh role playing dalam konseling kelompok terhadap peningkatan perilaku prososial siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen terhadap 30 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik diferensial dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan siswa dalam berperilaku prososial kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang sebelum penerapan metode role playing berada dalam kategori sedang. (2) Kemampuan siswa dalam berperilaku prososial kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang setelah penerapan metode role playing meningkat atau berada dalam kategori sangat tinggi. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan perilaku prososial, artinya bila metode role playing ini diterapkan maka dapat membantu meningkatkan perilaku prososial siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. (3) Terdapat pengaruh penerapan metode role playing dalam meningkatkan perilaku prososial siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:26
Last Modified: 01 Aug 2022 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item View Item