PENGARUH LATIHAN BERPIKIR POSITIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BARRU

IRMAYANTI B (2022) PENGARUH LATIHAN BERPIKIR POSITIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BARRU.

[img] Text
SAMPUL LUAR IRMA BARU.docx

Download (36kB)
[img] Text
sampul dkk IRMA_2.docx

Download (77kB)
[img] Text
SKRIPSI OKE IRMA dri FD.docx

Download (222kB)

Abstract

Irmayanti B, 2011. Skripsi. Pengaruh Latihan Berpikir Positif Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Barru. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Ibrahim, M.Si. dan Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Latihan Berpikir Positif Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Barru. Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat harga diri siswa kelas XI IPS sebelum dan sesudah diberi latihan berpikir positif di SMA Negeri 1 Barru? (2) Apakah ada pengaruh penerapan latihan berpikir positif terhadap tingkat harga diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Barru? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat harga diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Barru sebelum dan setelah diberi latihan berpikir positif (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan latihan berpikir positif terhadap tingkat harga diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen pretest-posttest Control group design terhadap 60 subjek penelitian, masing 30 subjek untuk eksperimen dan 30 subjek untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat harga diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Barru pada kelompok eksperimen sebelum diberikan latihan berpikir positif dalam bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, namun setelah diberikan latihan berpikir positif dalam bimbingan kelompok, tingkat harga diri siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sedang. Sedangkan tingkat harga diri siswa pada kelompok kontrol berada pada kategori sedang, akan tetapi kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan latihan berpikir positif sehingga tidak mengalami peningkatan yang signifikan dan tetap berada pada kategori sedang (2) Terdapat pengaruh positif penerapan latihan berpikir positif dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan harga diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:17
Last Modified: 01 Aug 2022 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item