PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS DENGAN MENGGUNAKAN VISUALISASI FILMDOKUMENTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

NUR HALIM AR (2022) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS DENGAN MENGGUNAKAN VISUALISASI FILMDOKUMENTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
Sampul luar pr.docx

Download (65kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP Halim.docx

Download (35kB)

Abstract

Nur Halim, AR. 2012. Skripsi. Pengaruh Penerapan Teknik Modeling Simbolis dengan Menggunakan Visualisasi Film Dokumenter Terhadap Peningkatan Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 3 Makassar. Dibimbing oleh H. M. Arifin Ahmad dan Abdullah Sinring Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar sebelum dan sesudah diberikan pengetahuan tentang perencanaan karier melalui teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter? 2. Apakah ada pengaruh penerapan teknik modeling simbolis dengan mengunakan visualisasi film dokumenter terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1. gambaran kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar sebelum dan sesudah diberi pengetahuan berupa teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir. 2. pengaruh penerapan teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif terhadap 68 sampel penelitian, masing-masing 34 sampel untuk eksperimen dan 34 sampel untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas II di SMK Negeri 3 Makassar pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar sebelum diberi perlakuan pada kategori rendah. Setelah diberi perlakuan tingkat perencanaan karir siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori tinggi. (2) Terdapat pengaruh positif penerapan teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa, artinya bila teknik modeling simbolis dengan menggunakan visualisasi film dokumenter ini digunakan maka dapat meningkatkan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 3 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:23
Last Modified: 01 Aug 2022 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24128

Actions (login required)

View Item View Item