SYAMSUDUHA (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA NEGERI 1 SOPPENG.
Text
JURNAL PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.pdf Download (562kB) |
|
Text
SKRIPSI SYAMSUDUHA (1743042006).pdf Download (3MB) |
Abstract
SYAMSUDUHA, 2022. Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMA Negeri 1 Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Ed. Faridah, S.T. M.Sc. dan Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 1 Soppeng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potret peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru terkait dengan penguasaan teori pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ditinjau dari peran kepala sekolah sebagai koordinator,konsultan,pemimpin kelompok,evaluator di SMA Negeri 1 Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran kepala sekolah sebagai koordinator yaitu kepala sekolah mengkordinir program belajar mengajar disekolah, mengadakan pelatihan-pelatihan kepada guru salah satunya yaitu melaksanakan IHT (In House Training). (2) Peran kepala sekolah sebagai konsultan yaitu memberdayakan rumpun mata pelajaran, menggunakan teknologi untuk keberlangsungan pembelajaran dengan memberdayakan guru TIK dan melakukan pelatihan penguasan teknologi, serta upaya yang ditempuh untuk menerapkan prinsip pembelajaran dengan cara evaluasi monitoring.(3) Peran kepala sekolah sebagai pimpinan kelompok yakni menyiapkan pendampingan kepada guru TIK yang masih minum pemahaman, mengaktifkan sistem KKG, serta mengadakan In House Training untuk penugasan materi bagi guru. (4) Peran kepala sekolah sebagai evalutor yakni membentuk tim untuk mengevaluasi tenaga, aktif melakukan supervisi kepada guru-guru meliputi pemeriksaan RPP, bahan ajar, dan penggunaan media pembelajaran,serta mengevaluasi guru terkait pemanfaatan TIK. Kata kunci : Peran kepalah sekolah, Kompetensi pedagogik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 06:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24125 |
Actions (login required)
View Item |