PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE SYAM-OK PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

ELA RASTIKA AYU (2022) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE SYAM-OK PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel ela rastika ayu .pdf

Download (958kB)
[img] Text
SKRIPSI Ela Rastika Ayu.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ela Rastika Ayu. 2022. Pengembangan Desain Pembelajaran Online SYAM-OK pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dosen Pembimbing: Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan. Penggunaan SYAM-OK diwajibkan dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran secara daring. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and development). Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap desain pembelajaran online SYAM-OK, 2) Untuk mendeskripsikan desain pembelajaran online SYAM-OK, 3) mendeskripsikan tingkat validasi dan kepraktisan desain pembelajaran online SYAM-OK. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dilakukan di program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu validator isi dan ahli media, mahasiswa teknologi pendidikan yang berjumlah 20 orang, dan 1 orang dosen pengampuh mata kuliah. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi isi dan materi, angket validasi media dan desain, angket respon mahasiswa dan angket tanggapan dosen pengampuh mata kuliah. Hasil validasi isi dan materi berada pada kulifikasi baik dan hasil validassi media dan desain berada pada kulifikasi baik pula. Uji coba kepraktisan dilakukan terhadap dua sasaran pengguna, yaitu respon mahasiswa berada pada kualifikasi baik dan tanggapan dosen pengampuh berada pada kulifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran online SYAM-OK valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar. Kata Kunci: Pembelajaran Online, SYAM-OK, Pengembangan Bahan Ajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:29
Last Modified: 29 Jul 2022 05:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item View Item