PENGEMBANGAN E-MODUL SEX EDUCATION SEBAGAI PENGUATANPENDIDIKAN KARAKTER PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Asnur Lidayni, (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL SEX EDUCATION SEBAGAI PENGUATANPENDIDIKAN KARAKTER PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
Artikel asnur lidayni.pdf

Download (963kB)
[img] Text
ASNURLIDAYNI SKRIPSI .pdf

Download (8MB)

Abstract

Asnur Lidayni, 2022. Pengembangan E-Modul Sex Education Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi ini dibimbing Oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana identifikasi kebutuhan e-modul sex education sebagai penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2021? (2) Bagaimana desain produk e-modul sex education sebagai penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2021? (3) Bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan e-modul sex education sebagai penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2021?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan S. Thiagarajan, et.al., model 4D yang diadaptasi kembali menjadi 3Dyang terdiri atas 3 tahap yaitu : Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pada tahap Pendefinisian telah dilakukan identifikasi kebutuhan, dimana penelitian ini dilakukan di fakultas ilmu pendidikan dengan subjek penelitian empat puluh lima mahasiswa dan tiga peer collaborators yang berperan sebagai fasilitator atau tutor sebaya. Dan dari hasil identifikasi yang diperoleh, cukup banyak mahasiswa yang sudah mengetahui mengenai sex education, tetapi mahasiswa masih kurang memahami bahwa sex education dapat diajarkan melalui pendidikan karakter, dimana mahasiswa dapat terhindar dari seks pranikah, hamil diluar nikah dan menjadi korban bahkan pelaku dari yang dinamakan pelecehan seksual. (2) Pada tahap desain, berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan dilakukan langkah selanjutnya yaitu, pemilihan media, dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran. Pemilihan format, dalam pengembangan perangkat e-modul bertujuan untuk merumuskan rancangan media pembelajaran, pemilihan strategi, pendekatan, metode, dan sumber pembelajaran. Dan Rancangan awal adalah keseluruhan rancangan perangkat pembelajaran yang harus dikerjakan sebelum uji coba dilakukan. (3) Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran. E-modul yang dihasilkan menunjukkan hasil yang valid bardasarkan dari hasil validasi ahli isi/materi pembelajaran serta hasil validasi ahli media dan desain pembelajaran yang dilakukan . Menunjukkan hasil yang praktis pada proses pembelajaran berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar dan dan respon peer collaborators. Kata kunci : Pengembangan, e-modul, Sex Education, Pendidikan Karakter, Perguruan Tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:40
Last Modified: 29 Jul 2022 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24120

Actions (login required)

View Item View Item