PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PADA MURID AUTIS KELAS I DI SLB YPPLB CENDRAWASIH MAKASSAR

VILYAN AMPULEMBANG (2022) PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PADA MURID AUTIS KELAS I DI SLB YPPLB CENDRAWASIH MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL VILYAN AMPULEMBANG .pdf

Download (494kB)
[img] Text
SKRIPSI VILYAN AMPULEMBANG .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan mencuci tangan murid autis di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan mencuci tangan pada murid autis kelas I di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar sebelum penarapan media video animasi. 2) Kemampuan mencuci tangan pada murid autis kelas I di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar setelah penerapan media video animasi. 3) Peningkatan kemampuan mencuci tangan melalui penerapan video animasi pada murid autis kelas I di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid autis kelas I di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar yang berinisial MA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan mencuci tangan Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Kemampuan mencuci tangan pada murid autis kelas 1 SLB YPPLB Cendrawasih Makassar sebelum penerapan video animasi berada pada kategori tidak mampu. 2. Kemampuan mencuci tangan pada murid autis kelas 1 SLB YPPLB Cendrawasih Makassar setelah penerapan video animasi pada kategori sangat mampu. 3. Terdapat peningkatan kemampuan mencuci tangan pada murid autis kelas 1 SLB YPPLB Cendrawasih Makassar dengan menerapkan video animasi dari kategori tidak mampu meningkat menjadi kategori sangat mampu. Dengan demikian, kemampuan murid setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Kemampuan mencuci tangan, Vidio animasi, Autis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:35
Last Modified: 28 Jul 2022 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item