Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pemanfaatan Benda-Benda di Sekitar Pada Kelompok B TK Al Falah Wakka Kab. Pinrang Sulawesi Selatan

Bastiana, Bastiana and Wahida, Ali Hafid and Ramlah, Ramlah Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pemanfaatan Benda-Benda di Sekitar Pada Kelompok B TK Al Falah Wakka Kab. Pinrang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran.

[img] Text
1 Article mah PPG 1 372-1-10-20220110.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar pada TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang pada semester II 2020/2021 sebanyak 11 anak. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan kemampuan motorik halus anak di TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang rendah. Penelitian dilaksanakan selama dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasila analisis data menunjukkan kemampuan motorik halus anak sebesar 83,54 % pada siklus I dan 90, 25 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr Bastiana Bastiana
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:08
Last Modified: 27 Jul 2022 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24092

Actions (login required)

View Item View Item