PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL SISTEMPENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII A SMP NEGERI 23 SINJAI

ABRAR (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL SISTEMPENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII A SMP NEGERI 23 SINJAI.

[img] Text
ARTIKEL - 1641040009 - Abrar.pdf

Download (499kB)

Abstract

Abrar. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Sistem Pencernaan Manusia Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII A SMP Negeri 23 Sinjai. Skripsi ini dibimbing Oleh Drs. H. Abd Haling M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital sistem pencernaan manusia adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Kebutuhan Bahan Ajar Komik Digital Sistem Pencernaan Manusia Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII A SMP Negeri 23 Sinjai. 2) Mendeskripsikan Kevalidan Dan Kepraktisan Bahan Ajar Komik Digital Sistem Pencernaan Manusia Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII A SMP Negeri 23 Sinjai. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan kepraktisan untuk menguji produk tersebut supaya dapat berfungsi dengan baik. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg & Gall. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg & Gall karena pada dasarnya model ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang dikembangkan. Produk yang dimaksud adalah bahan ajar berbentuk komik digital untuk siswa kelas VIII A dengan materi Sistem Pencernaan Manusia pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 23 Sinjai. Subjek penelitian yang diteliti berjumlah lima orang untuk uji kelompok kecil dan dua puluh lima siswa untuk uji kelompok besar, serta satu guru Mata Pelajaran IPA untuk tanggapan guru mata pelajaran, Sedangkan objek penelitian yang diteliti adalah pengembangan bahan ajar komik digital. Kelebihan komik digital yaitu dapat memecahkan salah satu masalah dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif, mandiri dan semangat dalam belajar karena bahan ajar komik digital bersifat fleksibel bisa digunakan dimana saja dan kapan pun. Bahan ajar komik digital yang dikembangkan memuat komponen berupa materi,teks,suara,cerita dan gambar animasi dengan format audio-visual dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dan dieksport ke dalam bentuk website. Hasil yang dicapai dalam pengembangan bahan ajar komik digital menunjukan bahwa hasil validasi media dan ahli isi/materi bahan ajar bahwa bahan ajar komik digital yang dihasilkan valid. Hasil uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, serta tanggapan guru mata pelajaran menunjukan bahwa bahan ajar komik digital yang dihasilkan praktis. Kata kunci : Bahan Ajar, Komik Digital, IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:57
Last Modified: 22 Jul 2022 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item