NURMAN (2022) ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MIPA 1SMA NEGERI 12 SINJAI PADA MASA PANDEMI COVID-19.
Text
Artikel Nurman 1641040004.pdf Download (764kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah proses penilaian pembelajaran di masa pandemi, khususnya di tingkat sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan penilaian autentik serta faktor pendukung dan penghambatnya Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Sinjai Pada Masa Pendemi Covid-19. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif model miles and hubermann. Lokasi penelitian di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Sinjai. Sumber data dalam penelitian ini adalah data-data berupa instrumen penilaian, RPP guru mata pelajaran matematika, data observasi pengamatan dalam pembelajaran online, serta wawancara dengan guru matematika dan siswa. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penilaian autentik telah dilaksanakan untuk menilai hasil belajar siswa meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan namun tidak semua teknik penilaian di laksanakan 2) Faktor yang mendukung proses penerapan penilaian autentik adalah sarana aplikasi pendukung pembelajaran yang sudah memadai, kemudahan dalam pemberian tugas, dan keterlibatan orang tua siswa, kemudian faktor penghambatnya adalah kesulitan mengontrol siswa, banyak siswa yang tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, kualitas jaringan internet tidak merata di setiap daerah, dan proses penilaian yang dilaksanakan oleh guru masing kurang efektif karena proses belajar mengajar tidak dapat di kontrol secara penuh oleh guru. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Matematika, pandemi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24038 |
Actions (login required)
View Item |