PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMPN 33 MAKASSAR

HUSNUL KHOTIMAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMPN 33 MAKASSAR.

[img] Text
Artikel husnul khotimah.pdf

Download (423kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Kebutuhan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi Dikelas VII Sekolah SMPN 33 Makassar ? (2) Bagaimanakah Desain Media Video Pembelajaran Yang Dikembangkan Pada Mata Pelajaran Biologi Dikelas VII Sekolah SMPN 33 Makassar? (3) Apakah Pengembangan Media Video Pembelajaran Yang Dikembangkan Pada Mata Pelajaran Biologi Dikelas VII Sekolah SMPN 33 Makassar Valid dan Praktis ?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Allesi dan Trolip yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pada tahap Perencanaan telah dilakukan identifikasi kebutuhan . Dan dari hasil identifikasi yang di mana hasil identifikasi peserta didik pada kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran berada pada kualifikasi kurang, sedangkan untuk kebutuhan media video pembelajaran berada pada kualifikasi baik. Dari hasil identifikasi kebutuhan peserta didik maka peneliti merancang media video pembelajaran.(2) Pada tahap desain, berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan dilakukan langkah selanjutnya yaitu, pengembangan ide/gagasan yang bertujuan untuk menentukan objek atau gagasan, analisis tugas dan konsep disertai penyusunan Flowchart untuk memperlihatkan gambaran awal mengenai rancangan multimedia, dan terakhir membuat story board.(3) Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji alpha dan uji beta. pada uji alpha, media video pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan hasil yang valid bardasarkan dari hasil validasi ahli isi/materi pembelajaran serta hasil validasi ahli media dan desain pembelajaran yang dilakukan . Kemudian menunjukkan hasil yang praktis pada proses pembelajaran berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar dan hasil tanggapan guru mata pelajaran sosiologi yang dilakukan pada uji beta. Kata Kunci : Media video pembelajaran, Perencanaan (planning), Desain (design), Pengembangan (development), Uji alpha, Uji beta

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:52
Last Modified: 21 Jul 2022 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item