PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGIPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SINJAI BARAT

ANITA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGIPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SINJAI BARAT.

[img] Text
ARTICLE JETCLC NITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anita. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Sinjai Barat. Skripsi. Prodi Teknologo Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing : Dr. H. Abd. Haling, M.Pd Dan Prof Dr. H. Amir, M.Pd) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran/deskripstif penggunaan media video dan apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Sinjai Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran/deskripstif penggunaan media videodan apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Sinjai Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat komparatif. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Sinjai Barat yang berjumlah 114 orang dan sampel berjumlah 58 orang siswa yang terdiri dari 29 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII.D dan 29 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelompok VIII.A. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pembelajaran dengan penggunaan media video pembelajaran berjalan dengan baik (2) hasi belajar siswa kelompok kontrol pada mata pelajaran Biologi, mencapai nilai rata-rata 6,08 dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada mata pelajaran Biologi dengan menggunakan media video pembelajaran mencapai nilai rata-rata 8,08. berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 16 Sinjai Barat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:13
Last Modified: 21 Jul 2022 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item