IBNU HAJAR (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARINGPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 20 GOWA.
Text
ARTIKEL IBNU HAJAR 1641041016.pdf Download (671kB) |
Abstract
Hajar, Ibnu 2020. Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 20 Gowa. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si.) Fokus penelitian dan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 20 Gowa serta untuk menggambarkan kelebihan dan kekurangan serta masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring . Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 20 Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi sederhana model Miles And Hubermen. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran biologi yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Data dalam penelitian ini bersumber dari proses pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi, guru mata pelajaran siswa-siswa kelas XI IPA2 yang mengikuti pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi, serta kepala sekolah SMA Negeri 20 Gowa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakana yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 20 Gowa telah dilakukan sejak bulan maret tahun 2020 mengikut pada arahan pemerintah untuk mencegah penularan wabah virus corona. Dalam pelaksanaannya, guru dan siswa menghadapi masalah yang beragam mulai dari jaringan, kuota data hingga tidak tersediannya fasilitas yang mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Pihak sekolah telah memberikan bantuan kepada guru maupun siswa berupa kuota data yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran daring. Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Biologi, Pandemi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24025 |
Actions (login required)
View Item |