PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SINJAI

SATRIA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SINJAI.

[img] Text
ARTICLE JETCLC SATRIA BISMILLAH - Copy.pdf

Download (749kB)

Abstract

Satria, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai. Universitas Negeri Makassar (Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Dr. Farida Febriati, SS., M.Si.) Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru, dan membuat daya tarik kepada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai, bagaimana motivasi belajar siswa setelah menggunakan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai, dan adakah pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design, yaitu dapat membandingkan dengan keadaan sebelum dan setelah diperlakukan. Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 120 orang, dimana terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, bahwa penggunaan media video mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada thitung adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,05 < 13,69 > 2,76). Dilihat dari hasil motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran video meningkat, hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) 63,48 meningkat menjadi 69. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkkan bahwa penggunaan media video memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Sinjai. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang aktif ketika proses pembelajaaran berlangsung dan hasil motivasi belajar siswa yang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:01
Last Modified: 21 Jul 2022 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item