PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMPN 14 MAKASSAR

ABDUL BASIT ASHAR (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMPN 14 MAKASSAR.

[img] Text
Abdul Basit Ashar-1341041008.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABDUL BASIT ASHAR. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 14 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Febriati, SS, M.Si dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VII SMPN 14 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D yang tujuannya untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan pokok pembahasan lapisan bumi, gempa bumi dan gunung berapi. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Alessi dan Trollip Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 14 Makassar yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 290 siswa. sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B dengan jumlah siswa 35. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik, hasil Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil belajar tes awal sebelum menggunakan media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat rendah dan Hasil belajar tes akhir setelah menggunakan media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media yang dikembangkan ini valid dan praktis, serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 14 Makassa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:35
Last Modified: 21 Jul 2022 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24010

Actions (login required)

View Item View Item