PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING MATA KULIAH DASAR-DASAR KOMPUTER BAGI MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

ALPIA MAISARAH (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING MATA KULIAH DASAR-DASAR KOMPUTER BAGI MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

[img] Text
Bismillah Artikel Alpia Maisarah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ALPIA MAISARAH pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alpia Maisarah, 2021, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer Bagi Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Haling, M. Pd. dan Dr. H. Nurhikmah. H, S.Pd. M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengembangan Bahan Ajar berbasis blended learning mata kuliah dasar-dasar komputer bagi mahasiswa prodi teknologi pendidikan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kebutuhan pembelajaran berbasis blended learning pada mata kuliah dasar-dasar komputer?, (2) bagaimana desain bahan ajar berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah dasardasar komputer?, (3) bagaimana kevalidan dan kepraktisan proses pembelajaran pada mata kuliah dasar-dasar komputer dengan menggunakan media edmodo,?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ingin mengetahui kebutuhan pembelajaran berbasis blended learning pada mata kuliah dasar-dasar komputer, (2) Ingin mengetahui bahwa pengembangan bahan ajar berbasis blended learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah dasar-dasar komputer, (3) Ingin mengetahui kevalidan dan kepraktisan proses pembelajaran pada mata kuliah dasar-dasar komputer dengan menggunakan media edmodo. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model yang dikembangkan oleh ADDIE oleh Lee, W.W., dan Owens, D.L (2004), adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah validator yang terdiri dari ahli isi atau materi media pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Dosen Mata Kuliah DasarDasar Komputer, dan Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2018 Kelas (A). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi awal, kuisioner (angket), instrument pengumpulan data. Penelitian pengembangan ini menggunakan dua teknik analisis data, yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Identifikasi kebutuhan mahasiswa yaitu: mahasiswa berpendapat perlu adanya media yang mampu mendukung dalam proses pembelajaran khusus pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. (2) Validasi media dan desain berada pada kualifikasi baik dan validasi isi atau materi berada pada kualifikasi cukup dan dengan revisi. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Blended learning, Dasar-Dasar Komputer, Online

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:27
Last Modified: 21 Jul 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item