PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

KHAERUL AMRI HS (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel dan LoA_Khaerul Amri HS_1741040009_TP.pdf

Download (719kB)
[img] Text
KHAERUL AMRI HS_1741040009_TP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khaerul Amri HS. 2021. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Jurusan Teknlogi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dosen Pembimbing : Dr. Arnidah, S. Pd., M. Si. dan Dr. Pattaufi, S. Pd., M. Si.. Masalah dalam penelitian ini adalah pada masa pandemi proses perkuliahan dilakukan secara daring mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan terutama pada materi HOTS karena dalam mata kuliah tersebut belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis kebutuhan produk media video pembelajaran, 2) Mendesain produk media video pembelajaran, 3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar berjumlah 64 orang untuk kelompok besar dan 8 orang untuk kelompok kecil. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi Media Video Pembelajaran oleh ahli isi/materi berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil validasi oleh ahli desain/media berada pada kualifikasi sangat baik pula. Pada uji coba kepraktisan yang dilakukan pada kelompok kecil yang berjumlah 8 orang mahasiswa berada pada kualifikasi baik dan uji coba pada kelompok besar yang terdiri dari 64 orang mahasiswa memperoleh hasil yang berada pada kualifikasi sangat baik. Adapun tanggapan dosen pengampu terkait Media Video Pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Video Pembelajaran valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:23
Last Modified: 21 Jul 2022 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item