PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAPHASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

NUR DIAH ANGGRAENI AMIR (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAPHASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA.

[img] Text
ARTIKEL - NUR DIAH ANGGRAENI AMIR (1741042025).pdf

Download (244kB)
[img] Text
SKRIPSI - NUR DIAH ANGGRAENI AMIR (1741042025).pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Diah Anggraeni Amir. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Skripsi. Dibimbing Oleh: Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Pendidikan memberikan sebuah pembelajaran berupa pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan metode yang hanya menggunakan satu kelompok perlakuan dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket, tes, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Observasi terdiri dari observasi keterlaksanaan guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pretest yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan posttest yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Anova. Berdasarkan hasil analisis data dan uji Anova yang diolah menggunakan SPSS for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring terdapat pengaruh yang positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:16
Last Modified: 21 Jul 2022 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item